Dosen Teknik Elektro dan Dosen Akuntansi Politama Berkolaborasi Melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat Mengembangkan Usaha Bisnis Rumahan Rengginang di Walen Simo Boyolali

Program Kemitraan Masyarakat  Mengembangkan Usaha Bisnis Rumahan Rengginang di Walen Simo Boyolali

Desa Walen, merupakan desa yang berada di Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, yang memiliki usaha pembuatan makanan  rengginang.  Industri makanan Rengginang ini sudah ada di desa Walen sejak 1981, atau sudah 36 tahun, yang dilakukan secara turun menurun tetapi tidak berkembang karena keterbatasan keadaan,  dimana proses produksi masih dilakukan secara manual dan tradisional. Keterbatasan dimulai sejak  awal proses produksi rengginang yang hanya menggunakan dandang kecil untuk memasak beras ketan, setelah kukusan masak kemudian dicetak secara manual dengan tangan yang hasilnya tidak menarik karena bentuknya tidak bagus dan ukuran berbeda-beda serta memakan waktu yang lama, setelah dicetak kemudian dikeringkan dengan dijemur, yang hanya mengandalkan sinar matahari sehingga pada musim hujan produksi rengginang mengalami penurunan, yang  hanya mampu memproduksi setengahnya saja dari musim kemarau. Rengginang yang siap dijual, hanya ditempatkan pada tas kresek saja  dan untuk membedakan hanya diberi tanda merah untuk rasa manis dan yang rasa gurih tidak diberi tanda. Sehingga tampilan produk rengginang ini tidak menarik minat pembeli kecuali yang sudah biasa membeli.

Dengan kondisi tersebut di atas, sangat membutuhkan adanya Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa mesin pengeringan rengginang, alat pencetak  rengginang dan pengarahan untuk pengepakan yang menarik, serta pelatihan pemasaran dan administrasi keuangan yang baik.

Dengan menerapkan TTG mampu meningkatkan produktivitas rengginang sebesar 75% dibandingkan tanpa menggunkanan TTG, sehingga omzet penjualannya meningkat yang berpengaruh pada meningkatnya laba yang diperoleh sebesar Rp. 63.000,-/hari. Dan dilakukannya pelatihan-pelatihan sangat membantu mitra dalam mengembangkan usahanya, baik dari segi pengelolaan keuangan, pemasaran dan pengemasan dan pemberian label pada produk yang akan dijual.

Dengan adanya TTG dan kegiatan-kegiatan tersebut membantu mitra untuk tumbuh dan berkembang lebih baik serta meningkatkan produktifitas dan keberlanjutan usaha dan mampu meningkatkan tarap hidup masyarakat sekitarnya.

Program Kemitraan Masyarakat “Mengembangkan Usaha Bisnis Rumahan Rengginang di Walen Simo Boyolali” ini dibiayai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Pada Masyarakat Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Rengginang